Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Berbasis Masyarakat

160

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone Drs.H.Alimuddin Massapa, M.H. menghadiri acara Penutupan Pelatihan berbasis kompetensi dan berbasis Masyarakat tahap kedua yang diselenggarakan UPT BLK, Kamis 5 September 2019.

Dalam pelatihan kali ini lulusannya terdiri dari program Keahlian Menjahit, Tata rias, Teknik Audio Visual, Listrik Bangunan Sederhana, Pengelasan, Operator Komputer, ditambah dengan Mobile Training Unit (MTU) yakni Teknik Otomotif Motor, serta pelatihan Pengolahan ikan.

UPT (Unit Pelaksana Teknis) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bone yang terletak di Jln.Yos Sudarso Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur tersebut merupakan penunjang sebagian tugas Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone.

Kadisnaker Kabupaten Bone dalam sambutannya mengatakan, BLK Kabupaten Bone salah satu program unggulan daerah dalam rangka peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja sehingga diharapkan dapat mencetak tenaga kerja yang andal dan siap pakai.

Kadis Ketenagakerjaan Kab.Bone mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang terbangun dengan KLK Makassar sehingga pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi dan Berbasis Masyarakat dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

“Alhamdulillah, dinergitas BLK Bone dengan BLK Makassar sangat membantu kami di daerah di tengah keterbatasan anggaran, Bone setiap tahunnya selalu mendapat tambahan dana dari APBN. Itu tidak lepas dari bantuan BLK Makassar,” tuturnya.

Selaku Kepala Dinas Ketenagakerjaan, ia berharap sinergitas seperti ini selalu terjaga dengan baik, sehingga program- program keterampilan di BLK
Bone bisa berkelanjutan.

Lebih lanjut, Beliau juga melaporkan bahwa selain menyasar masyarakat umum, pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan
di Bone juga dikerjasamakan dengan Lembaga Pemasyarakatan Watampone.

“Bagi narapidana yang akan selesai masa tahanannya terlebih dahulu dibekali pelatihan keterampilan di BLK Bone sehingga pada saat mereka keluar, bisa menjadi mandiri dengan berwirausaha,” tandasnya.

Selain itu, Kadisnaker Bone Drs. H. Alimuddin Massappa, S H.,M.H. juga mengharapkan, bahwa masyarakat yang telah mengikuti pelatihan di BLK tidak ada lagi yang menganggur.

Mereka sudah harus berpikir mampu mandiri dengan berwirausaha sesuai dengan kompetensi yang digelutinya masing-masing.

Sementara Kepala BLK Makassar Dr. Fitroh Hanrahaman, S.E., M.Pd.  yang menutup pelatihan tersebut mengatakan pengembangan SDM dan persiapan peningkatan tenaga kompetensi terus menjadi pusat perhatiannya. Terutama di Kabupaten Bone yang selama ini telah membangun sinergitas yang baik dengan BLK Makassar.  “Saya berharap ini terus dipertahankan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Kepala BLK Makassar juga berbagi Tips kepada para peserta untuk mencapai keberhasilan, yakni memegang prinsip P3K yaitu Pengembangan Karakter, Kompetensi, dan komitmen. “Kalau ini menjadi pegangan kita, saya yakin apa yang menjadi mimpi kita Insya Allah akan terwujud,” Kuncinya.

Saat ini Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone dikepalai oleh Drs.Rahmat A. Wahab.

Diketahui, Pencari Kerja Terdaftar di Kabupaten Bone Pada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone Tahun 2017 sebesar 3.803 pekerja dengan kenaikan 88,73 persen dibanding tahun 2016.

Perbandingan pencari kerja perempuan lebih sedikit dibandingkan laki-laki. Pada Tahun 2017 tercatat 2.127 laki-laki dan 1.676 perempuan pencari kerja terdaftar pada Dinas Ketenagakerjaan.

Pencari kerja di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone Tahun 2017 terbanyak berada pada Kecamatan Tanete Riattang dengan jumlah pencari kerja 678 orang.

Proporsi terbesar pencari kerja yang mendaftar pada Dinas Ketenagakerjaan berpendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas, yaitu sebesar 53,30 persen (2.027 pekerja) tahun 2017.

Sementara itu menurut sektor lapangan usaha, perdagangan merupakan sektor yang memiliki jumlah usaha terbanyak di tahun 2017 yaitu sebesar 1.807 usaha dengan jumlah tenaga kerja terserap pada lapangan usaha ini sebesar 4.900 pekerja.

Diketahui, pelaksanaan pelatihan kerja di BLK Bone sejak kepemimpinan Bupati Bone pada tahun 2013 hingga saat ini telah melatih ribuan tenaga kerja.

Bahkan sebelum Bpk. H.A.Fahsar M.Padjalangi memimpin Bone, BLK Disnaker Bone yang terletak di jalur poros Bone-Bajoe kelurahan Cellu kecamatan Tanete Riattang Timur terlihat mati suri dan instruktrunya mau pindah, namun di bawah kepemimpinan Fahsar-Ambo Dalle banyak perhatian pemda Bone ke BLK. Ungkap Kadisnaker Kab.Bone H.Alimuddin Massapa.